Tips Modal Bisnis Cafe Budget Kecil

Sekarang ini cafe sudah seperti kebutuhan setiap orang. Tempat satu ini sudah menjadi gaya hidup sebagian besar masyarakat. Entah itu untuk melepas lelah, untuk reuni, bahkan untuk rapat pun dilakukan di cafe. Tidak heran jika bisnis cafe memiliki prospek yang bagus. Nah, bagi yang ingin membuka usaha cafe ini ada beberapa aspek yang harus diperhatikan agar modal bisnis cafe bisa ditekan sehingga tidak memakan dana yang besar.

1. Pilih Sewa Tempat yang Sesuai Budget

Sewa tempat biasanya menjadi salah satu aspek yang menghabiskan dana banyak dalam memulai usaha cafe. Untuk sementara coba gunakan konsep outdoor untuk membuka cafe di sebuah halaman rumah atau halaman kios dan ruko orang.

Jika langsung menyewa tempat seperti kios atau ruko, harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan beberapa pilihan tempat sebelumnya. Bagi yang ingin segera membuka usaha cafe meski modal minim, coba untuk gunakan taman rumah sendiri sebagai cikal bakal bisnis cafe yang nantinya bisa menjadi besar. Selain lebih hemat tentu konsepnya jadi lebih unik bagi para calon pengunjung.

2. Sistem Pegawai Part Time Agar Lebih Murah

Jika memang membutuhkan pegawai, lebih baik gunakan sistem part time. Lakukan pekerjaan yang masih mungkin dilakukan sendiri. Selanjutnya berikan sisa jam serta pekerjaan selanjutnya pada pegawai.

Sistem ini akan sangat menguntungkan karena ringan dalam urusan gaji, tidak mengikat untuk selalu membayar pegawai dalam satu bulan penuh. Sistem part time ini memang aman jika dilakukan bagi usaha cafe yang biasanya naik turun. Pegawai hanya perlu dibayar sesuai dengan jam kerja dan pekerjaan yang dilakukan bisa sesuai.

3. Beli Bahan Baku Grosir

Sebisa mungkin sebelum membuka usaha cafe, cari informasi sebanyak-banyaknya tentang pedagang grosisr yang akan menyediakan bahan baku untuk menu di cafe. Hal ini bisa terus dilakukan sampai café sudah berjalan tak hanya saat membuka di awal.

Keuntungan yang dihasilkan bisa lebih besar karena bahan baku jauh lebih murah. Baik untuk bahan makanan dan minuman belilah dari pedagang grosir. Syarat untuk belanja di pedangang grosir ini adalah membeli dalam jumlah yang banyak.

4. Tentukan Strategi Marketing yang Tepat

Dimana ada bisnis di situ ada pemasaran. Strategi marketing adalah hal penting dalam sebuah bisnis. Agar tidak memakan biaya banyak seorang pengusaha harus jeli dalam memilih strategi marketing. Tak sedikit pengusaha yang malah tanpa sadar melakukan pemborosan dalam hal satu ini.

Startegi marketing memang dibutuhkan untuk mengenalkan bisnis atau cafe pada masyarakat. Selain itu bisa juga dimaksimalkan untuk meningkatkan pelanggan dengan melakukan promosi. Namun pastikan promosi yang dilakukan sudah diperhitungkan sehingga bisa tepat sasaran dan memakan biaya yang sedikit.

Misalnya saja dengan memanfaatkan media sosial, coba tulis ulasan cafe di media sosial dan buat konten menarik agar pembaca bisa lebih tertarik. Usahakan tambahkan testimoni dari konsumen yang sudah pernah berkunjung ke cafe.

5. Berikan Pelayanan Terbaik

Agar usaha cafe bisa berjalan lancar pastikan layanan yang diberikan maksimal. Berikan pelayanan yang baik pada pengunjung cafe agar tercipta rasa nyaman. Nantinya dari rasa nyaman tersebut  pengunjung akan mengajak lebih banyak orang untuk datang.

Ini bisa menjadi salah satu cara promosi gratis yang bermodalkan attitude yang baik dengan memperlakukan pengunjung dengan baik. Selain memberikan pelayanan yang ramah pastikan juga cafe selalu bersih, begitu juga dengan makanan serta minuman yang disajikan.

Well, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar modal bisnis cafe bisa ditekan sehingga tidak membutuhkan biaya yang besar. Perhatikan beberapa aspek di atas dan mulai bisnis cafe dari sekarang.